MASIGNCLEAN101

Cara Menjalankan Os Chromium Di Windows 10

Cara Menjalankan Os Chromium Di Windows 10
Kamis, 16 Mei 2019

System Operasi Chrome tumbuh dengan cepat sebagai salah satu sistem operasi desktop yang hebat. Chrome OS ini diluncurkan untuk komersial pada 15 Juni 2011. OS yang berbasis Linux ini awalnya dicemooh lantaran ketergantungannya pada cloud dan layanan Google, namun dengan system yang terus diperbarui Chrome OS ketika ini sanggup diinstal aplikasi Android dan aplikasi Linux di dalamnya dan bahkan anda sanggup memainkan game PC terbaru berkat Google Stadia.

Jika anda ingin menguji Chrome OS untuk pengembangan atau keperluan pribadi pada Windows 10, anda sanggup memakai Chromium OS open-source sebagai gantinya. Chrome OS merupakan versi komersial yang dibangun di atas proyek open source Chromium OS jadi keduanya sama saja.

CloudReady, versi Chromium OS yang dirancang PC, tersedia sebagai gambar untuk VMware, yang pada gilirannya tersedia untuk Windows. Dengan memasang CloudReady di VMware di Windows, anda sanggup mendapat hampir semua fungsi Chrome OS, namun aplikasi dan fitur khusus Google tidak akan anda temukan disini. Dan yang terpenting yaitu anda tidak akan sanggup menjalankan aplikasi Play Store di CloudReady.

Dan berikut cara untuk menjalankan Chromium OS di Windows 10.

Hal pertama yang anda lakukan tentunya mendownload file OVA untuk CloudReady. Ini yaitu mesin virtual untuk VMware, yang juga harus anda download. Berikut yaitu link ke VMware Workstation 15 Player. Ini yaitu versi ringan dari VMware yang memungkinkan anda menjalankan sebuah mesin virtual jadi tidak perlu kawatir.

Setelah file CloudReady OVA  di download dan VMware telah diinstal pada Windows 10, saatnya untuk menciptakan keduanya sanggup bekerja bersama.


Buka VMware. Di sebelah kanan klik Open a Virtual Machine. Temukan file CloudReady OVA yang anda download dan pilih.


Di jendela baru, anda sanggup memberi nama ke mesin virtual gres anda dan mengatur jalur penyimpanan untuk semua data di mesin itu. Saat anda siap, klik Import dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Setelah selesai, mesin virtual Chromium OS gres anda akan muncul di layar VMware utama. Klik doble untuk memulai mesin. Ikuti arahan di dalam CloudReady/VMware untuk pengaturan pribadi anda pada mesin virtual.


Sekarang mesin virtual Chrome OS anda telah jadi dan anda eksklusif sanggup mencobanya. Namun, ada beberapa dilema yang mungkin anda temui, jadi bacalah tips saya ihwal cara memperbaiki beberapa dilema dengan bunyi dan online.


Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjalankan CloudReady

Shortcut yang paling penting untuk anda ketahui yaitu Ctrl + Alt. Tekan tombol ini bila anda berada di mesin virtual tetapi ingin mengganti mouse untuk mengontrol Windows lagi. Jika anda tidak tahu shortcut ini dan berada dalam mode fullscreen, anda mungkin akan terjebak didalamnya.


Hal lain yang perlu anda ketahui adalah, bila anda mengalami kesulitan mendapat mesin virtual online, itu mungki disebabkan kesalahan dalam menghubungkan network adapter pada mesin virtual. Dan untuk memperbaikinya, klik Player di sudut kiri atas VMware - Manage - Virtual Machine Settings.

Disini, klik Network Adapter di bawah tab Hardware, kemudian Configure Adapters, dan pastikan untuk mematikan semua dan semua adapter yang tidak bekerjasama eksklusif dengan online (adapter virtual dan sebagainya).


Permasalahan lain yang mungkin anda temui yaitu sound/suara.  Anda mungkin menemukan bahwa Chromium OS VM tidak secara otomatis terhubung ke sound card, jadi ketika anda berada di layar Settings, lihat di panel sebelah kiri untuk memastikan ada Sound Card di bawah perangkat. Jika tidak, klik Add, kemudian pilih Sound Card dan Auto-Detect (atau pilih sound card tertentu memakai opsi Specify host sound card). Setelah selesai, klik OK.


Dan begitulah cara mendapat build anda sendiri dari Chromium OS yang berjalan di Windows 10. Ingatlah untuk selalu memperbarui CloudReady dengan secara teratur menyidik update pada Settings - About CloudReady dalam Chromium OS. Selamat mencoba!

Jangan lupa tinggalkan komentar anda untuk menyebarkan pengalaman dalam mengikuti tutorial ini atau anda menemukan dilema lain yang terkait dengan mesin virtual atau Chromium OS pada PC anda. Terimakasih dan GBU.

Sumber https://tipsorialindo.blogspot.com/
Share This :