MASIGNCLEAN101

5 Parameter Evaluasi Biar Blog Dapat Dianggap Baik

5 Parameter Evaluasi Biar Blog Dapat Dianggap Baik
Kamis, 18 Oktober 2018

Kita tahu bahwa blog merupakan salah satu platform di internet yang disukai oleh banyak orang. Di paltform ini kita sanggup dengan gampang menulis banyak artikel dan membagikannya secara pribadi kepada jutaan orang pengguna internet di seluruh penjuru dunia.

Apalagi dikala ini platform blog selain dipakai sebagai media untuk menyalurkan hobi, juga ada beberapa orang diantara mereka yang mengakibatkan blog ini sebagai pekerjaan sampingan dalam menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan terkadang tidak sedikit pula orang yang malah mengakibatkan blog ini sebagai sumber penghasilan utama mereka.

Namun demikian yang perlu diingat bahwa untuk menciptakan sebuah blog yang baik dan banyak dikunjungi oleh banyak orang itu tentu tidaklah mudah. Apalagi kalau kita ingin benar-benar terjun menjadi seorang blogger profesional, maka diharapkan perjuangan yang sangat keras serta waktu yang tidak sedikit dalam membangun sebuah blog itu. 

Nah bagi kalian yang sudah mempunyai blog dan ingin mengetahui sudah sejauh mana blog yang kalian buat itu. Maka tidak ada salahnya kalau kita melaksanakan tes dengan memakai beberapa parameter evaluasi berikut ini.




5 Parameter Penilaian Agar Suatu Blog Dapat Dianggap Baik

Sebenarnya banyak cara yang sanggup kita lakukan untuk mengetahui dan menilai sebuah blog sudah sanggup dikatakan baik atau belum. Namun dalam hal ini saya akan mengatakan beberapa parameter evaluasi blog yang sanggup dilakukan oleh semua orang secara gampang dan gratis. Adapun parameter-parameter ini sanggup dengan gampang kita kanal dengan memakai jaringan internet.


1. Peringkat Blog
Ketika kita sekolah dulu biasanya dikala kita sudah menuntaskan ujian semester pastinya kita akan diberikan sebuah buku laporan yang berisi nilai-nilai. Isi dari buku laporan tersebut salah satu parameter penilainya yaitu perihal hasil ranking atau peringkat kita di dalam satu kelas maupun satu sekolah.

Nah inilah juga cara pertama yang sanggup kita gunakan untuk mengetahui seberapa baik sebuah blog. Dengan cara ini kita sanggup dengan gampang mengecek ranking blog kita dan mengetahui dimana posisi blog kita berada. Semakin kecil angka yang diperoleh maka semakin anggun pula blog tersebut.

Beberapa website yang sanggup dipakai untuk mengecek sebuah peringkat blog ini diantaranya yaitu website Alexa Rank atau SimilarWeb. Dengan kedua website tersebut kita sanggup dengan gampang mengetahui peringkat atau posisi blog kita, baik itu peringkat blog dalam ruang lingkup nasional suatu negara maupun peringkat blog secara global.

Manfaat lain dari memakai kedua website ini yakni sanggup memberitahukan kepada kita beberapa informasi lainnya ibarat data sumber kemudian lintas blog, kata kunci yang seri dicari dari sebuah blog, hingga jumlah eksternal link yang menaut ke sebuah blog. Informasi-informasi ibarat itu tentunya akan sangat mempunyai kegunaan sekali bagi kita utamanya sebagai materi untuk mengatur taktik dalam menyebarkan halaman blog. 


2. Link Building
Link merupakan salah satu komponen penting dalam membangun sebuah blog semoga sanggup dikatakan baik. Link yang dimaksud disini utamanya merupakan link yang mengarah atau menaut ke blog kita atau biasa juga disebut dengan istilah backlink. Secara teori kalau sebuah blog mempunyai banyak backlink maka blog itu sanggup dikatakan mempunyai kualitas yang anggun dan biasanya akan dianggap baik oleh mesin pencari.

Nah semoga kita sanggup mengetahui jumlah backlink yang mengarah ke suatu blog, salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan kemudahan dari google webmaster tool atau yang kini ini lebih dikenal dengan sebutan google search console. Namun yang perlu diingat bahwa backlink itu tidak sepenuhnya baik bagi suatu blog. Nah untuk mengetahui dan membedakan link yang baik dan tidak dengan memakai google search console, mungkin anda sanggup membaca artikel Cara mengetahui dan menolak Spam Backlink dengan Google Search Console.

Selain itu, berbicara mengenai sebuah link maka kita juga jangan lupa untuk memastikan bahwa link-link yang ada di blog kita, utamanya internal link harus terus kita pantau setiap waktu. Tujuannya yaitu semoga link-link tersebut sanggup berjalan dengan semestinya dan tidak ada persoalan apapun, ibarat link rusak, link mati, dsb. Nah untuk memastikan apakah ada link yang rusak atau mati di dalam sebuah blog, maka kita sanggup mengeceknya dengan memanfaatkan website brokenlinkcheck.

Untuk mengetahui bagaimana cara memakai dan menghilangkan link yang rusak di brokenlinkcheck maka disarankan untuk membaca artikel Cara Mendeteksi dan Memperbaiki Link Mati atau Rusak di Blogspot.


3. Kecepatan Blog
Kecepatan blog ialah banyaknya waktu yang diharapkan (loading) dalam mengakses sebuah blog secara sempurna. Blog yang baik tentunya harus diimbangi dengan adanya kecepatan kanal blog yang baik pula. Sebab kalau sebuah blog mempunyai kecepatan loading yang relatif lambat, biasanya para pengunjung blog tidak akan menyukainya. Hal itu dianggap sanggup menghabiskan waktu mereka dikala melaksanakan browsing. Dampaknya dengan blog yang mempunyai kecepatan lambat itu tentu akan besar lengan berkuasa kepada traffic blog yang cenderung sedikit.

Salah satu parameter yang sanggup dipakai untuk mengetahui perihal kecepatan sebuah loading blog, maka kita sanggup mengeceknya dengan memakai kemudahan dari Google yaitu Page Speed Insight.


4. Nilai DA, PA, dan PR
DA merupakan akronim dari Domain Authority, PA merupakan akronim dari Page Authority, sedangkan PR merupakan akronim dari Page Rank. Ketiga istilah tersebut merupakan istilah yang biasa dipakai dalam mengetahui kualitas dan kepopuleran sebuah blog. Cara ini bersama-sama hampir sama dengan poin 1 perihal peringkat blog, hanya saja perbedaannya yaitu ada pada metode evaluasi yang digunakan.

Domain Authority melaksanakan evaluasi dengan cara melihat kinerja dari sebuah halaman website atau blog secara keseluruhan. Sedangakan Page Authority melaksanakan evaluasi hanya dari satu halaman website saja. Sistem evaluasi keduanya memakai poin evaluasi dengan skala angka yaitu dari mulai 1-100. Dimana semakin besar angka yang didapat itu artinya semakin anggun pula kualitas dari sebuah website tersebut.

Cara untuk mengetahui nilai DA dan PA kita sanggup memeriksanya dengan masuk halaman website smallseotools.com atau di websiteseochecker.com.

Tidak jauh berbeda dengan DA dan PA, sistem evaluasi Pagerank merupakan salah satu dari metode yang sama untuk mengetahui kualitas sebuah blog. Pagerank mempunyai manfaat untuk mengetahui seberapa terkenal dan penting sebuah halaman website di mata mesin pencari. Jika mempunyai nilai peringkat yang tinggi maka suatu website biasanya akan diutamakan untuk dimunculkan dalam mesin pencari ibarat google. Skala evaluasi pagerank yaitu dari angka 1-10, dimana semakin tinggi angka yang didapat maka semakin tinggi pula kualitas dari website tersebut.

Akan tetapi dikala ini metode evaluasi dengan memakai pagerank bagi sebagian orang sudah dianggap tidak efektif lagi. Apalagi google sebagai salah satu pemilik mesin pencari yang terkenal disebutkan sudah tidak lagi memakai sistem evaluasi ini untuk melihat kualitas dari sebuah blog.

Namun meskipun demikian hingga kini metode ini masih tetap dipakai oleh beberapa blogger, alasannya ialah pagerank bagi sebagian orang itu masih mengatakan beberapa informasi penting bagi blog mereka. Dan untuk mengetahui peringkat pagerank sendiri salah satunya kita sanggup mengunjungi di halaman website Check Page Rank.


5. Web Yang Aman
Web yang kondusif tentunya sangat bermanfaat utamanya bagi mereka para pengunjung blog. Dengan mempunyai blog yang kondusif maka para pengunjung blog sanggup terhindar dari tindak pencurian data yang sewaktu-waktu sanggup dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab terhadap pengunjung blog tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah sebuah blog sanggup dikatakan kondusif atau tidak untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu dengan cara melihat simbol yang berada tepat di samping alamat domain sebuah website. Jika simbol itu berupa gambar gembok berwarna hijau artinya bahwa sebuah halaman website itu aman. Namun apabila simbol yang muncul ialah simbol tanda seru yang berada di dalam segitiga merah, maka sanggup dipastikan bahwa halaman website itu tidak atau masih kurang kondusif untuk dikunjungi. Agar blog kita terhindar dari hal tersebut maka kita sanggup membaca artikel Cara Praktis Mengatasi "Sambungan Ke Situs Ini Tidak Sepenuhnya Aman".

Selain itu, cara lain untuk memastikan bahwa suatu blog kondusif yaitu dengan pribadi memerikasnya di halaman Sucuri.

Baca Juga : Tips Agar Rajin Menulis di Blog Cocok bagi Pemula

Demikianlah artikel tentang 5 Parameter Penilaian di Internet Agar Sebuah Blog Bisa Dianggap Baik. Memang parameter-parameter yang ada tersebut tidak sanggup pribadi dijadikan sebagai referensi utama, alasannya ialah saya pribadi mengakui bahwa memang hasilnya belum tentu akurat seratus persen.

Namun dengan cara ini setidaknya kita sanggup sedikit mengetahui hingga sejauh mana kualitas dari blog yang sedang kita bangun. Sehingga pada karenanya kalau kita tahu kekurangan dari blog kita, maka tentunya kita akan sanggup segera memperbaikinya dan membuatnya menjadi semakin baik lagi.
Sumber https://bapigif.blogspot.com/
Share This :