
Sabtu, 13 Januari 2018
Kuantitas backlink sanggup diartikan sebagai banyaknya backlink yang diterima oleh suatu situs. Banyak saja tidak cukup, dibutuhkan Kualitas yang menempel pada backlink tersebut. Seratus backlink akan tidak berkhasiat bila dibandingkan dengan satu backlink yang berkualitas. Berbicara mengenai Kualitas backlink, ada beberapa faktor yang melandasi berkualitasnya suatu backlink atau tidak. Faktor faktor inilah yang akan dibahas pada artikel ini.
Mas, kriteria apa saja yang menciptakan backlink dipandang berkualitas?
1. Dofollow
Backlink Dofollow yakni link pada suatu halaman situs yang mengijinkan crawler atau robot pengindeks untuk sanggup memasuki dan merayapi link tersebut. Kebalikannya yakni Nofollow, atau link yang tidak perlu dilalui oleh crawler. Sebagai pola permisalan dari Dofollow Backlink, Saya mengijinkan tamu untuk melihat lihat dan merekam apa saja yang terdapat dibalik suatu pintu (backlink). Sedangkan ada sebuah pintu yang dihentikan untuk dimasuki bahkan dilihat oleh orang lain merupakan permisalan dari Nofollow Backlink.
Kebanyakan web page, defaultnya yakni Dofollow Link sehingga tak perlu lagi menambahkan tag rel='dofollow' pada backlink yang ditanam. Sedangkan Nofollow jarang ditemukan sehingga dibutuhkan tag rel='nofollow' bila menginginkan suatu link tidak dirayapi. Sebagai catatan kecil, walaupun Backlink Nofollow tidak perlu, tapi tetaplah buat walau hanya beberapa biar nantinya crawler tidak curiga alasannya yakni semua backlink yang diperoleh yakni Dofollow.
2. High PA, DA dan MOZ Rank
Faktor ini merupakan faktor yang harus dimiliki oleh halaman web yang nantinya akan diletakan backlink. PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) yakni sebuah metrik yang menghitung dan memberi nilai terhadap kekuatan SEO suatu Page (Halaman) atau Domain. Nilai yang diberikan dimulai dari angka 1 hingga 100. Semakin tinggi nilai metrik yang diberikan, maka semakin baik juga keterkelihatan halaman dan domain di hasil pencarian. Pada blog berplatform blogspot secara otomatis mendapat nilai DA 89.78 (dibulatkan menjadi 90) dan PA bernilai 1. Sedangkan pada blog platform wordpress.com lebih tinggi lagi yaitu DA mempunyai nilai 99.49, mendekati tepat (100) dan PA bernilai 1. Maka tak heran ketika melihat blog wordpress.com yang mendapat posisi baik di SERP walau hanya blog baru. Namun posisi ini hanya bertahan beberapa jam.
MOZ Rank (MR), sanggup dikatakan sebagai pengganti Page Rank (PR). Moz Rank ini mewakili nilai link popularity. Halaman yang mempunyai nilai MR yaitu didapatkan dari situs situs terkenal yang juga mempunyai nilai MR yang tinggi. Semakin banyak sebuah situs mempunyai backlink dari situs berMR tinggi, maka semakin tinggi pula kualitas situs tersebut sehingga kekuatan SEO pun bertambah. Rentang nilai yang diberikan dimulai dari 0 - 10 dimana semakin tinggi nilai, semakin baik SERP suatu situs.
3. Fast Indeks
Fast Indeks, atau kecepatan pengindeksan suatu web page yang ditanami backlink sangat baik untuk SEO. Dengan cepatnya web page diindeks, maka semakin cepat pula backlink yang tertanam di rayapi.
4. SERP Kuat
SERP Kuat disini yaitu posisi sebuah halaman sebagai kawasan peletakan backlink dimana halaman itu telah terindeks dan berada pada SERP yang bagus, bahkan kalau sanggup berada pada SERP #1. Sebagai imbas SEO terhadap Blog, maka situs yang dibacklink akan punya SERP yang bagus. Faktor ini paling banyak dicari oleh pegiat backlink.
Kaprikornus kesimpulan dari artikel ini yakni (1) Kuantitas backlink harus diimbangi dengan kualitas backlink. (2) Backlink yang berkualitas yakni backlink yang Dofollow, mempunyai PA, DA dan MR yang tinggi, Cepat terindeks serta mempunyai SERP yang kuat.
Sumber http://www.amalanseo.com/
Share This :
comment 0 Comment
more_vert