MASIGNCLEAN101

Cara Menghapus Bloatware Dari Perangkat Android Anda

Cara Menghapus Bloatware Dari Perangkat Android Anda
Rabu, 14 Agustus 2019

Beberapa hari kemudian saya telah memposting bagaimana cara untuk menghapus bloatware di Windows 10, dan kini saatnya saya akan membantu anda untuk menghapus bloatware dari ponsel Android anda.

Ketika anda membeli sebuah smartphone ataupun tablet Android baru, anda sering mendapat beberapa aplikasi yang disertakan dalam perangkat tersebut. Produsen berpikir aplikasi ini bermanfaat dan diharapkan sehingga mereka memasukkannya dengan firmware bawaan. Namun, sebagian besar pengguna tidak pernah membutuhkan aplikasi ini dan aplikasi tersebut hanyalah sampah yang harus disingkirkan. Nah, aplikasi-aplikasi ini disebut dengan istilah bloatware.

Memory internal pada sebuah Android sangatlah terbatas, sehingga bloatware ini sangat merugikan. Bayangkan jikalau terdapat lima aplikasi saja yang masing-masingnya menghabiskan ruang sebesar 100MB, sudah 500MB ruang memory yang dihabiskan. Itu sudah berapa file foto yang sanggup anda simpan di ponsel anda.

Dan untuk mengatasi hal tersebut, ada solusi untuk menghapus aplikasi-aplikasi ini dari perangkat anda dan membebaskan beberapa ruang memory anda.

Yang harus anda ketahui ialah pada metode yang saya gunakan ini perangkat anda harus di root, jikalau belum silakan root perangkat anda terlebih dahulu dan kemudian ikuti panduan ini. Penting untuk diketahui bahwa jikalau perangkat Android anda di root maka garansi resminya akan hangus.

Hal lain yang harus diperhatikan ialah pastikan untuk tidak menghapus semua aplikasi system alasannya ialah beberapa di antaranya dipakai oleh OS perangkat anda.


Menghapus Bloatware

Anda akan membutuhkan aplikasi dari Play Store untuk membantu anda menghapus bloatware dari perangkat anda. Kaprikornus install NoBloat Free.


Setelah aplikasi diinstal di perangkat anda, luncurkan aplikasi.


Saat pertama kali anda meluncurkan aplikasi, itu akan meminta anda untuk menawarkan hak pengguna Superuser, dan inilah alasannya kenapa ponsel anda di-root. Tekan tombol Grant dan anda tamat dengan itu.


Antarmuka utama memperlihatkan opsi yang tersedia untuk anda. Ketuk opsi pertama yang menyampaikan System apps alasannya ialah di situlah letak bloatware.


Sekarang anda akan melihat daftar semua aplikasi yang diinstal pada perangkat anda. Ini ialah aplikasi yang sanggup anda hapus dari perangkat anda dan membebaskan ruang memory ada. Ketuk aplikasi yang ingin anda hapus.


Ketika anda mengetuk sebuah aplikasi, itu akan memberi anda beberapa opsi untuk dipilih, yaitu:

  • Disable - Ini akan menonaktifkan aplikasi di perangkat anda.
  • Backup - Ini akan membackup aplikasi yang dipilih.
  • Backup and delete - Ini akan menciptakan backup aplikasi yang dipilih dan kemudian menghapusnya.
  • Delete without backup - Ini akan menghapus aplikasi tanpa menciptakan backup.
Untuk tujuan kita dalam tutorial ini, anda harus menentukan Delete without backup. Ketuk padanya dan kemudian ketuk Okay dan itu akan menghapus aplikasi dari perangkat anda.

Ini kemudian akan memulai mekanisme untuk menghapus aplikasi yang dipilih dari perangkat anda. Setelah aplikasi dihapus, itu tidak akan lagi muncul di daftar aplikasi.


Bloatware telah dihapus dari perangkat Android anda dan kini anda mempunyai ruang memory kosong yang sanggup anda gunakan untuk mengambil foto atau video atau mp3 atau menginstall aplikasi favorit anda.


Alternatif untuk NoBloat

Jika anda bukan penggemar NoBloat, Titanium Backup ialah aplikasi yang lebih besar lengan berkuasa yang sanggup anda gunakan untuk menghapus bloatware di Android atau aplikasi system lainnya. dan itu juga membutuhkan posel di root.

Aplikasi Bloatware menciptakan pusing bagi sebagian besar pengguna alasannya ialah mereka akan menghabiskan ruang penyimpanan anda yang terbatas dan bahkan lebih jelek lagi anda tidak sanggup menghapusnya dari perangkat Anda menyerupai yang anda lakukan pada aplikasi lain. Dengan sumbangan tools diatas menyerupai NoBloat, menyingkirkan bloatware menjadi lebih mudah.

Sekian dan biar membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk menyebarkan fatwa perihal cara menghapus bloatware dari perangkat Android. Terimakasih dan GBU.

Sumber https://tipsorialindo.blogspot.com/
Share This :