MASIGNCLEAN101

Elemen-Elemen Dan Istilah-Istilah Coreldraw

Elemen-Elemen Dan Istilah-Istilah Coreldraw
Rabu, 26 Juni 2019
Elemen-Elemen dan Istilah-Istilah Dalam CorelDraw X7 
Bagi pengguna CorelDraw harus tahu apa saja elemen-elemen dan istilah-istilah di dalam CorelDraw. Dan kita juga harus terbiasa mengenal istilah-istilah yang ada di CorelDraw. Di dalam tampilan sajian CorelDraw ada beberapa diantaranya: Interface CorelDraw, Menu Bar, Standard Bar, Property Bar, Palette Color, Document Navigation, Tool Box,Page Navigation, Docker, Status Bar.


Berikut ini penjelasannya:

1. Interface CorelDraw
Jika kita membuka aplikasi CorelDraw yang niscaya akan tampil halaman depan, dan inilah yang di sebut dengan Interface atau tampilan muka. Tampilan depan ini akan meliputi elemen-elemen yang akan kita bahas berikutnya di bawah ini.

2. Menu Bar
Menu Bar terletak di bab atas sendiri, dan di antaranya ada file, edit, view, layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Table, Tools, Window dan Help. Di dalam sajian ini kita akan menemukan fungsi-fungsi khusus sesuai dengan sajian utamanya.

3. Standart Bar
Tepat di bawah dari Menu Bar ada yang namanya Standart Bar. Menu kafe terdiri dari new dokumet, open dokumen perintah print dan masih banyak yang lainnya.

4. Property Bar
Menu ini terlatak di bawahnya Standart Bar, sederetan tombol tombol ini akan beradaptasi dengan alat yang kita pilih dalam Tollbox. Kaprikornus setiap tools yang kita pakai maka akan berubah pula Propertinya alasannya yaitu menyesuaikan tools tersebut.

5. Palette Color
Secara default sajian Palette Color terletak di samping kanan layar, tetapi sajian ini sanggup kita ubah-ubah sesuai dengan harapan kita. Palette Color ini yaitu sekumpulan warna –warna di dalam sebuah bar, dan secara defaul warna yang ditampilkan yaitu CMYK(Cyan, Magenta, Yellow and Black).

6. Document Navigator
Tepat di atas kita menggambar atau di sebut dengan sajian Drawing Window, terdapat yang namanya Document Navigator, atau tepatnya di bawah Property Bar . Fungsi dari Document Navigator yaitu untuk berpindah dari satu dokumnet ke document yang lainnya. Untuk CorelDraw versi X7 dan untuk versi sebelumnya belum tersedia

7. Tool Box
Menu Tool Box letaknya di sebelah kiri layar. Menu ini berfungsi untuk keperluan menggambar, memodifikasi objek, memberi warna dan menulis teks. Tidak semua alat di tampilkan dalam sajian Tool Box, kita sanggup menambahkannya melalui icon di bawah sendiri sesuai dengan harapan kita.

8. Page Navigator
Fungsi dari sajian ini yaitu untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain yang ada didalam satu dokumen. Menu Page Navigato letaknya di bab bawah Drawing Window.

9. Docker
Secara default letak dari sajian Docker berada di sebalah kanan berdampingan dengan Palette Colour, namun kita juga sanggup mengubah posisi dengan menggesernya. Docker yaitu kotak area kerja dari fungsi-fungsi yang ada dari sajian utama.

10. Status Bar
Letak dari sajian ini di sebalah bawah sendiri, yang berfungsi pertanda status objek yang diseleksi, meliputi warna, outline dan koordinat.

Itulah pembahasan dari Elemen-Elemen dan Istilah-Istilah di dalam CorelDraw X7. Sebagai desain yang andal di bidang CorelDraw meraka mengerti akan tampilan tampilan tersebut. Di semua versi CorelDraw ada perbedaan tampilan itu, tetapi tampilan di dalam sajian kerja tersebut tidak jauh berbeda. Demikian apa yang telah kita bahas bermanfaat, Terima Kasih


Sumber https://www.andrikkusniawan.com/
Share This :