MASIGNCLEAN101

Panduan Dasar Menciptakan Skema Rumah Memakai Autocad

Panduan Dasar Menciptakan Skema Rumah Memakai Autocad
Senin, 27 Mei 2019

Hai, kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad. AutoCad yaitu software untuk desain 2 dimensi. AutoCad memiliki banyak command atau perintah. Jika kalian pemula niscaya akan kebingungan apa yang harus pertama kali dilakukan ketika membuka AutoCad. Tapi tenang, disini saya akan memberi tips dan trick dasar menciptakan sketsa di AutoCad untuk pemula. Tak usah berlama-lama, kita lanjut ke tutorial nya

 kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD

Pertama buka AutoCad. AutoCad punya saya versi 2013. Jangan khawatir bila kalian punya AutoCad yang berbeda, pada pada dasarnya sama saja kok.

Ketik “LINE “ Tanda petik. Jika tidak muncul. Tekan ESC dulu pada keyboard kalian. Jika sudah muncul LINE-nya. Enter saja.
 kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD


Lalu klik untuk menciptakan posisi pertama garis dan geser ke posisi selesai yang di inginkan. Jika kalian menciptakan sketsa rumah. Maka buatlah dinding terluarnya terlebih dahulu.
 kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD


Jika sudah. Lanjut menciptakan sketsa ruang dan kamarnya. Jangan menciptakan pintu dulu. Buatlah garis untuk ruang dan kamar. Ketik “LINE” lagi, bila kalian ingin menciptakan ruangan tapi garus pertamanya tidak di pojok ruangan.  klik di sudut garis. Lalu geser ke tengah yang di inginkan kemudian buat ruangannya.
 kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD



Lanjut menciptakan pintu. Tekan ESC pada keyboard terlebih dahulu sebelum mengetik command lain. selanjutnya Ketik “CIRCLE” kemudian enter

Buat circle kemudian tempatkan ke pojok ruangan yang akan dibentuk pintu, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
 kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD


Jika sudah, tekan CTRL+A kemudian ketik “TRIM” kemudian enter.
Hilangkan bab CIRCLE yang tidak diharapkan sehingga menciptakan sebuah pintu.
 kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD
 kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD
klik bab yang tidak diperlukan


jika ingin menciptakan 2 pintu, buat saja 2 circle yang bersebelahan. kemudian trim ibarat gambar dibawah ini

 kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD


Jika sudah menciptakan denah, langkah selanjutnya yaitu menciptakan text untuk memberi nama ruangan. Saya akan menunjukkan teladan untuk memberi nama RUANG TAMU.  Klik text pada hidangan bar. Lalu klik kan pada sketsa yang akan diberi nama.
Jika kurang besar, klik pada text kemudian ketik SCALE kemudian enter, klik pada text nya lagi kemudian geser kursor sehingga mendapati ukuran yang sesuai.
 kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar menciptakan sketsa di AutoCad Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD


Lanjutkan ke ruangan lainnya. Sehingga balasannya tampak ibarat gambar berikut.
Sekian dulu tutorial singkat yang bias saya presentasikan. Semoga gampang dipahami dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan komen dibawah atau kirim email saja 😊



Sumber http://www.anakforum.com/
Share This :