MASIGNCLEAN101

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Android Di Virtualbox

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Android Di Virtualbox
Selasa, 16 April 2019

Ada banyak alasan mengapa kita ingin menjalankan versi Android terbaru untuk dijalankan di komputer desktop kita daripada di smartphone atau tablet kita.

Salah satu alasannya sebab mungkin versi Android yang dirilis tersebut itu belum hingga di perangkat anda, dan anda ingin mencobanya untuk melihat apakah anda benar-benar menginginkannya. Atau mungkin anda ingin menguji bagaimana aplikasi dan fitur tertentu bekerja di versi terbaru system operasi Android.

Kali ini aku akan menawarkan kepada anda bagaimana cara memalsukan Android memakai VirtualBox, memberi anda terusan lengkap berbasis PC ke OS seluler dari kenyamanan dan kendali desktop anda.


Membuat Mesin Virtual untuk Android

Pertama, anda harus menginstal VirtualBox dan file ISO Android-x86 terbaru dari basis data simpel ini.

Setelah anda menginstalnya, buka VirtualBox dan klik New untuk mulai menciptakan mesin virtual baru. Beri nama apapun yang anda suka, dan penting bagi anda untuk menentukan Linux dan Other Linux (32-bit) untuk Type dan Version OS.


Alokasikan jumlah RAM yang sesuai untuk OS Android anda. Tergantung pada berapa banyak RAM yang anda miliki di PC anda, anda harus mengalokasikan setidaknya 1GB, dengan menyisakan 4GB untuk menjamin bahwa OS PC akan berjalan dengan baik.


Pada halaman berikutnya, pilih untuk menciptakan hard disk virtual, kemudian pada halaman berikut biarkan dalam format VDI default. Setelah itu putuskan apakah anda ingin hard disk virtual mempunyai ukuran tetap, atau apakah anda ingin membiarkannya menyesuaikan ukurannya secara dinamis dengan ukuran mesin virtual anda.

Pada halaman Create Virtual Hard Disk gunakan panel geser untuk menentukan jumlah ruang maksimum yang anda inginkan untuk diambil oleh disk virtual anda, kemudian klik Create.



Tambahkan Android ke Mesin Virtual Anda

Dengan mesin virtual anda yang telah dibuat, saatnya untuk menginstal Android di atasnya. Dari layar VirtualBox, klik Settings - Storage, kemudian ikon CD kecil dengan ikon + di atasnya, dan klik Choose disk. Di jendela gres pilih ISO untuk gambar Android yang gres saja anda download. Buka, kemudian pilih dari daftar Storage Tree dan klik OK.


Klik Start di sajian utama VirtualBox, dan anda harus mendapatkan opsi untuk menjalankan Android-x86 tanpa instalasi, atau jikalau anda ingin menginstalnya, di samping beberapa opsi lain. Pilih opsi Install, kemudian pilih No dikala ditanya apakah anda menginginkan partisi GPT.


Pada layar yang seolah-olah dengan CMD yang muncul berikutnya, pilih disk virtual yang gres saja anda buat (Anda harus sanggup mengenalinya berdasarkan ukurannya). Kemudia pada layar sesudah itu klik New - Primary - Bootable -  Write.

Ketik Yes dikala diminta, dan VirtualBox akan menciptakan partisi untuk anda. Anda kini sanggup menentukan Quit, pada titik mana anda akan dibawa ke layar yang meminta anda untuk menentukan partisi mana yang akan diinstal Android.


Pilih partisi yang gres saja anda buat, kemudia pilih ext4 untuk sistem file.


Pilih Yes hingga pemformatan dimulai, kemudian pilih Yes ketika ditanya apakah anda ingin menginstal boot loader GRUB, dan Yes untuk menginstal direktori/system sebagai read-write. Android kini akan diinstal ke partisi yang anda buat.


Setelah terinstal, anda akan mendapatkan opsi untuk menjalankan Android melalui mesin virtual anda segera. Lain kali jikalau anda ingin membuka Android di mesin virtual gres anda, cukup buka VirtualBox, pilih, dan klik Start.



VirtualBox telah usang menerangkan dirinya sebagai salah satu cara yang paling sanggup mendapatkan amanah untuk menjalankan system operasi yang berbeda pada jendela kecil yang nyaman di Windows dan OS lainnya. Meskipun tidak sepenuhnya dioptimalkan untuk bermain game atau aktivitas kiprah berat lainnya, namun ini niscaya merupakan cara yang manis untuk menguji system operasi dan bahkan menggunakannya dengan sebagian besar kemampuan jaringan mereka secara utuh.

Bagaimana berdasarkan anda? Apakah anda ingin mencobanya sebelum diterapkan di smartphone anda? Bagikan dengan aku di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Sumber https://tipsorialindo.blogspot.com/
Share This :