MASIGNCLEAN101

5 Kelebihan & Kekurangan Headset Wireless, Harus Tahu Sebelum Beli!

5 Kelebihan & Kekurangan Headset Wireless, Harus Tahu Sebelum Beli!
Jumat, 26 Mei 2017
Jangan kau beli wireless headset, headphone, earphone, handsfree, apapun itu sebelum kau mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Kebanyakan orang yang ingin membeli headset wireless, hanya melihat dari satu sisi saja. Yaitu kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya. Namun masih ada beberapa hal lagi yang perlu dipertimbangkan. Setiap kelebihan niscaya akan diikuti dengan kekurangan. Simak infonya di bawah.

 apapun itu sebelum kau mengetahui kelebihan dan kekurangannya 5 Kelebihan & Kekurangan Headset Wireless, Harus Tahu Sebelum Beli!

KELEBIHAN

1. Ruang gerak lebih luas
Ini ialah fitur utama headset wireless yang menjadi alasan orang-orang ingin membelinya. Tanpa terbatas kabel, kau lebih leluasa untuk melaksanakan aktivitas sembari mendengarkan musik. Memakai headset dikala riding? olahraga? memasak? tidur-tiduran? Bisa! Dan yang terpenting, tidak perlu ada konflik dengan kabel hhehe..

2. Praktis simpan dengan rapih
Selepas pemakaian, kau tidak perlu menggulung kabel menyerupai pada wired headset. Bahkan kau tidak perlu takut untuk mencampurkan headset dengan benda-benda lain, alasannya ialah tidak akan ada kabel headset yang membelit dan kusut sana sini. Tips: Pouch kecil sanggup menjadi teman setia headset-mu.

3. Cenderung lebih awet
Lagi-lagi dilema kabel. Resiko kerusakan sanggup diminimalisir dengan meniadakan penggunaan kabel. Tidak terdengarnya bunyi pada salah satu sisi headset ialah kerusakan yang paling umum terjadi pada wired headset. Ya, hampir selalu kerusakan ini terletak pada kabel.

4. Kualitas audio mengimbangi wired headset
Jangan kira kualitas audio headset bluetooth itu buruk. Kualitas bunyi yang dihasilkan oleh headset wireless tidak berbeda dengan wired headset. Mau yang biasa aja? bunyi bening? atau bass yang powerful? Kamu hanya butuh menentukan produk yang sempurna sesuai selera dan budget masing-masing ya..

5. Future-proof / Futuristic
Maksudnya ada kemungkinan tidak tergerus oleh zaman (setidaknya untuk waktu akrab ini). Bermula dari Apple, kini beberapa perusahaan smartphone mulai menghilangkan port audio jack dari beberapa produk high-end buatan mereka. Walaupun dulu sempat dibully, secara perlahan mulai ada yang mengikuti langkah yang diambil Apple ini.


KEKURANGAN

1. Kualitas itu mahal
Memang benar kalau kualitas bunyi yang dihasilnya headset wireless tidak berbeda dengan wired headset. Namun, untuk mendapat kualitas bunyi yang setara dengan wired headset, kau butuh merogoh kocek lebih dalam. Jika terdapat headset wireless dan wired yang dibandrol dengan harga yang sama, kau niscaya akan tahu, mana yang mempunyai kualitas bunyi lebih baik.

2. Terbatas baterai
Baterai butuh di-charge sesudah beberapa jam pemakaian. Keterbatasan baterai ini bergotong-royong sebanding dengan kenyamanan yang didapatkan. Tapi tetap saja, ini merupakan keterbatasan.

3. Buruk untuk gaming
Kenapa? Hampir seluruh, sekali lagi, Hampir seluruh headset wireless yang ada akan mempunyai latency yang menimbulkan delay pada audio yang dihasilkan. Dari sepersekian detik, hingga parahnya beberapa detik. Tergantung dari produk, atau kompatibelitas produk pada device. Kecuali kau hanya menggunakannya untuk menonton video atau mendengarkan musik, hal ini tidak menjadi dilema (kecepatan audio sanggup diatur di media player). Kamu kira kenapa secara umum dikuasai gamer pro masih memakai headset kabel?

4. Kualitas audio kuat pada versi bluetooth pada device
Bluetooth versi berapa yang digunakan headset wireless milikmu? Bluetooth versi berapa yang dimiliki smartphone milikmu? Jika bluetooth smartphone, kompi, ataupun laptopmu mempunyai versi yang lebih rendah dari yang digunakan oleh headset wireless, sanggup dipastikan kualitas audio yang dihasilkan akan menurun (dan umumnya perbedaannya cukup terang di telinga). Atau parahnya, tidak sanggup digunakan di device tersebut.

5. Lebih awet, bukan berarti tidak sanggup rusak
Tetap diharapkan kehati-haitan untuk merawat headset wireless. Walaupun tidak ada kabel yang sanggup terputus, benturan keras atau air tetap sanggup menimbulkan kerusakan. Apalagi kalau hingga headset terlepas dan jatuh tanpa sadar.


KESIMPULAN

Headset tanpa kabel bukanlah keharusan. Semua tergantung dari kebutuhan masing-masing. Jika memang hanya untuk pemakaian umum menyerupai mendengarkan musik atau menonton film, headset wireless akan memperlihatkan kenyamanan yang luar biasa, disaat santai ataupun sambil beraktifitas. Tapi, jikalau kau termasuk gamer garis keras, suka main game yang membutuhkan ketangkasan dan ketepatan waktu, menyerupai game FPS atau MOBA (atau juga MOBALOG hhehe..), sudah niscaya kau akan menyesal jikalau kau tetap membeli headset wireless ini. Karena delay yang diakibatkan akan berdampak jelek pada gaming experience kamu. Baca juga artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com ya.. Ciao..

author: Akira Asayami
  
Share This :