MASIGNCLEAN101

8 Ciri Ciri Dan Penyebab Kerusakan Layar Monitor Lcd / Led Laptop

8 Ciri Ciri Dan Penyebab Kerusakan Layar Monitor Lcd / Led Laptop
Selasa, 25 September 2018
Monitor atau biasa disebut layar komputer merupakan pecahan yang tidak sanggup dipisahkan dari komponen komputer / laptop. Monitor atau layar mempunyai kegunaan untuk memvisualisasikan kinerja komputer dalam bentuk digital. Sebenarnya komputer / laptop sanggup berjalan tanpa adanya layar atau monitor. Tetapi fungsionalitasnya akan berkurang jikalau tidak ada layar / monitor.
 Monitor atau biasa disebut layar komputer merupakan pecahan yang tidak sanggup dipisahkan da 8 Ciri Ciri dan Penyebab Kerusakan Layar Monitor LCD / LED Laptop

Nah pada pembahasan kali ini admin ingin berbicara panjang lebar seputar kerusakan layar lcd/LED pada laptop.

Topik kali ini admin akan bahas beberapa macam macam kerusakan, penyebab kerusakan, cara memperbaiki, dan tips merawat layar LCD / LED laptop.

Pada layar LCD / LED Laptop pada umunya ada dua pecahan kabel yang tersambung yaitu
  1. Kabel power layar LCD / LED Laptop
  2. Kabel flaksibel

Ciri - Ciri dan Penyebab Kerusakan Layar LCD / LED Laptop.


1. Terdapat titik kecil dan pada monitor Laptop / Komputer

 Monitor atau biasa disebut layar komputer merupakan pecahan yang tidak sanggup dipisahkan da 8 Ciri Ciri dan Penyebab Kerusakan Layar Monitor LCD / LED Laptop
Layar terdapat titik kecil pada monitor dikenal dengan istilah dead pixel. Dead pixel sendiri ada banyak macamnya. Misal menyerupai titik kecil berwarna hitam, titik kecil berwarna 1 atau lebih titik kecil, terdapat area yang berwarna aneh. Untuk penjelasannya silahkan teman baca artikel yang sudah admin siapkan.
Baca Apa Itu Dead Pixel ? Penjelasan Lengkap

2. Layar Mati Total 

Layar mati total biasanya disebabkan oleh Lampu backlight yang mati. Lampu ini bertugas menunjukkan pencahayaan pada monitor. Masalah ini juga bisa disebabkan oleh kabel konektor power monitor yang bermasalah. Terkadang juga kondisi ini terjadi ketika kabel yang tersambung ke inverter layar Laptop longgar atau rusak. Penjelasan kabel mana saja yang tersambung dengan layar Laptop bisa teman dapatkan dengan membaca artikel

Kondisi ini sanggup teman ketahui ketika teman menyalakan laptop terus lampu indikator laptop nyala (di akrab touchpad / mouse nya laptop). Tapi layar tak tampil meskipun terdengar bahwa mesin sedang menyala.

Kondisi ini juga termasuk ciri ciri VGA rusak. Kondisi ini sanggup diketahui ketika teman menyalakan pc teman dengan lampu indikatornya nyala tapi layar tidak mau nyala, terus kedengeran kipas nyala tapi usang kelamaan mulai tersendat (muter kuat  - muter lemah). Itu juga indikasi VGA rusak. VGA sendiri merupakan komponen yang jarang rusak.
Baca 8 Bagian LCD / LED Laptop yang Harus Diketahui Sebelum Bongkar Layar Monitor Laptop

3. Layar monitor laptop / pc berwarna biru, pink, kuning, hijau, merah, ungu sebagian

 Monitor atau biasa disebut layar komputer merupakan pecahan yang tidak sanggup dipisahkan da 8 Ciri Ciri dan Penyebab Kerusakan Layar Monitor LCD / LED Laptop
Pada kasus ini biasanya disebabkan oleh pemasangan konektor VGA yang tidak benar. VGA pada laptop sendiri berada di bawah lapisan keyboard dan mainboard yang tersambung dengan layar monitor laptop. Pada kasus yang paling parah, kondisi ini terjadi ketika socket Kuningan daerah VGA tersambung ke motherboard itu rusak. Biasanya Kuningan yang berbaris itu hilang atau lebih tinggi dan lebih rendah dari yang lain. Sobat sanggup mengetesnya dengan monitor eksternal, coba teman pasangkan kabel vga monitor eksternal agak longgar. Pasti tampilan layar monitornya akan berubah warna. Pada umumnya indikasi kerusakan berwarna pink dan biru.

Pertolongan pertama pada kasus ini teman sanggup memencet tepi pecahan layar perlahan (seperti mijit). Coba teman memencet sekeliling tepian layar. Bagi sebagian kasus itu berhasil.

Pada dasarnya kabel kunginan pada konektor VGA mempunyai kiprah masin masing yang akan admin jelaskan di

4. Layar monitor Laptop menampilkan bergaris garis hitam / semut / artefak

Untuk kasus ini lebih mengarah ke VGA, teman sanggup memakai monitor eksternal untuk mengetahui kerusakan ini. Jika tampilan yang muncul pada monitor eksternal baik baik saja, maka VGA tidak rusak. Sebenarnya jikalau VGA teman tidak berfungsi sama sekali / benar benar rusak, Laptop teman masih bisa menyala kok. Soalnya admin pernah punya pengalaman ngerakit komputer tanpa VGA. Setau admin komputer akan memakai Prosesor untuk VGA nya. Itu juga dengan resolusi besar, menyerupai dikala sehabis install Windows 7 dan Windows XP. Maka reslolusi yang tampil akan besar, dan sedikit nge lag.

5. Layar berkedip atau bergetar dikala menutp Laptop

Pada kasus ini terjadi ketika teman menutup Laptop. Saat menutup Laptop niscaya akan menggerakan engsel penutupnya. Ketika engsel penutupnya bergerak, seketika layar Laptp menjadi bergoyang, bergetar, berkedip, atau berubah warna, Ini sama halnya terjadi ketika teman melepas kabel eksternal pada slot VGA. Kerusakan ini disebabkan oleh kabel VGA yang kendor atau keluar dari pegangannya. Sebenarnya kabel VGA sudah terekat pada celahnya yang admin sebut jalurnya.

6. Layar Laptop pecah dan rusak

Untuk kasus ini teman tak perlu mengecknya lebih teliti. Kondisi ini sanggup diketahui secara kasat mata niscaya akan terlihat layar yang pecah. Kondisi ini sering terjadi ketika teman tak sengaja menjatuhkan Laptop atau menindih Laptp terlalu berat. Solusi persoalan ini sibat sanggup memeli layar baru.

7. Layar Blue Screen

Kasus Blue Screen biasanya terjadi tidak menyangkut persoalan hardware. Kasus Blue Screen hanya terjadi pada permasalahan Operasi Sistem. Biasanya kasus Blue Screen terjadi lantaran kinerja komputer yang terlalu memaksa. Atau biasanaya terjadi lantaran spek Komputer dan Software / Operasi Ssitem tidak seimbang lantaran spek komputer yang lemah. Setiap persoalan Blue Screen terjadi selalu menunjukkan arahan error. Sobat sanggup mencatat arahan error yang terjadi ketika Blue Screen dan mencari katta kuncinya di Internet.

8. Layar Hank / Macet

Saat mengerjakan sebuah pekerjaan di PC / Laptop teman pernahkah teman mengalami hank hank. Hank terjadi ketika RAM tak bisa menangani memory yang terlalu banyak. Saat mengerjakan sebuah pekerjaan, lebih baiknya teman selalu membuka sistem monitor. Monitor sistem  Linux atau di Windows lebih dikenal Task Manager akan memberitahukan kepada teman performa CPU, RAM, Jaringan, Aplikasi yang sedang bekerja dll. Katika performa sudah maksimal, harap jangan ditambahkan lagi pekerjaannya.

Itulah 8 ciri ciri dan penyebab kerusakan pada layar Laptop. Bagaimanakah cara mengatasi persoalan di atas, teman sanggup mengunjungi artikel yang admin buat. Bagi teman yang penasaran tips merawat layar monitor Laptop sanggup memaca artikel menarik di
6 Tips Merawat Layar Laptop Agar Terhindar dari Kerusakan 

Sumber https://www.exppoin.com/
Share This :